Mobil Jalan Raya Terkencang Sepanjang Sejarah


PORSCHE akhirnya merilis rincian 911 GT2 RS yang ternyata memang benar memiliki daya sebesar 620 PS namun merekia tidak memproduksi 300 unit melainkan 500. Bobotnya pun rupanya tidak terpaut 90kg melainkan 70 kg dibanding versi 911 GT2.

Meskipun sudah diralat, dengan tingkat daya seperti itu, tetap saja Porsche 911 GT2 RS berpotensi tercatat dalam sejarah mobil jalan raya terkencang dalam sejarah. Semua itu berkat kesuksesan pencapaian teknis yang dilakukan pada mesin boxer 3.6 liter 6 silinder lewat penggunaan sepasang perangkat turbocharger berteknologi variable turbine geometry.

Bobot kendaraan ini hanya 1.370kg yang memberikan rasio bobot dan tenaga 2.21kg/hp. Untuk memangkas bobotnya, Porsche memanfaatkan material ringan terbuat dari CFR (carbon fiber reinforced), seperti penggunaan plastik CFR untuk bagian jok model bucket seat-nya.

Tenaga dahsyat plus bodi ringan menjadikan kendaraan ini mampu melakukan akselerasi 0-100 km/jam dalam hitungan 3.5 detik, 0-200 km/jam dalam 9.8 detik dan 0-300 km/jam hanya dalam tempo 28,9 detik, sementara kecepatan maksimalnya mencapai 330 km/jam.

Saat diuji coba di lintasan Nurburgring Nordschleife, Porsche 911 GT2 RS mampu mencetak prestasi 7 menit 18 detik untuk melakukan satu putaran di sirkuit kebanggaan bangsa Jerman tersebut. Dahsyatnya lagi, mesin perkasa ini rata-rata hanya membutuhkan 1 liter untuk menempuh jarak 11,9km dengan emisi 284 g/km.

Untuk meredam brutalnya tenaga mesin, kendaraan ini dilengkapi sistem pengereman berkemampuan tinggi Porsche Composite Ceramics Brake (PCCB) yang memiliki performa stabil saat rem panas dan akurat untuk menunjang kinerja PSM (Porsche Stability Management).

Agar tenaga dahsyatnya tidak terbuang sia-sia, Porsche 911 GT2 RS mengandalkan ban berukuran 325/30 ZR 19 di bagian belakang, sementara untuk menangani kemampuan manuvernya dipercayakan pada ban berdimensi 245/35 ZR 19 di bagian depan. Racikan tadi disempurnakan lagi lewat penggunaan sistem suspensi berteknologi PASM (Porsche Adaptive Suspension Management) plus anti-roll bar.

Mobil impian ini akan tersedia di Eropa mulai September 2010, sementara warga Amerika Serikat harus bersabar hingga Oktober 2010. Soal harga dasarnya, kendaraan ini dibanderol 199.500 Euro (sekitar Rp2,35 miliar), sementara harga on the road di Jerman mencapai 237.578 Euro (sekitar Rp2.8 miliar). Mau...mau..mau? (Cdx)
0 Responses